Home Terkini Makanan pun dapat Jadi Berbahaya, Awasi Konsumsinya

Makanan pun dapat Jadi Berbahaya, Awasi Konsumsinya

21
0
Apa yang menyebabkan makanan jadi berbahaya bagi kehidupan
Apa yang menyebabkan makanan jadi berbahaya bagi kehidupan

Secara umum jika membicarakan apa yang menyebabkan makanan jadi berbahaya bagi kehidupan, maka penyebab tersebut dapat dibedakan atas dua macam yakni:

Dalam makanan itu sendiri telah terdapat zat-zat yang mem-bahayakan kesehatan; karena itu makanan tersebut sebenarnya tidak boleh dimakan. Namun karena tidak tahu atau karena lalai, atau karena dalam keadaan darurat, makanan yang mengandune zat yang membahayakan kesehatan ini dikonsumsi oleh seseorang.

Pelbagai hal yang dapat menjadi penyebab (baik yang berasal dari luar ataupun yang berasal dari makanan itu sendiri), jika ditinjau dari sanitasi makanan, dapat dibedakan atas beberapa macam, yakni:

Golongan parasit.

Golongan parasit yang mencemari makanan ialah amuba dan pelbagai jenis cacing. Amuba dapat meninabulkan pe-nyakit disentri amuba, sedangkan cacing dapat menimbulkan penyakit cacingan. Dalam kehidupan sehari-hari sering di-temukan penyakit cacing, yang disebabkan karena termakan daging atau ikan yang mengandung telur cacing atau cacing, yang kurang atau tidak dimasak sebelumnya. Penyakit cacing yang sering ditemukan ialah yang disebabkan oleh taenia saginata, taenia solium, trichinosis dan diphyllobotrium.

2.            Golongan mikro organisme.

Pelbagai jenis bakteri yang dapat menimbulkan penyakit melalui makanan ialah shigella yang menimbulkan penyakit disentri basiler, salmonellosis yang menimbulkan penyakit tifus perut, paratifus A dan bentuk-bentuk lainnya, strep-tococcus yang menimbulkan penyakit scarlet fever atau septic sore throat, serta pelbagai macam virus yang menimbulkan penyakit seperti hepatitis dan lain sebagainya.

3.            Golongan kimia.

Pencemaran. makanan karena zat kimia, biasanya terjadi karena kecelakaan atau kelalaian, misalnya meletakkan insek-ti,sida berdekatan dengan bumbu dapur. Pembungkus makan-ari yang dibuat dari logam dapat menyebabkan keracunan makanan karena zat kimia dalam iogam itu. Adapun za’; kimia yang sering mencemari makanan ialah antimon, arsen, cadmium, tembaga, cyanida, fluor, timah hitam dan seng.

4.            Golongan fisik.

Pencemaxan makanan yang disebabkan golongan fisik, misalnya bahan radioaktif.

5.            Golongan racun (toxin).

Adanya racun dalam makanan dapat dibedakan atas dua rnacam, yakni:

a.            Yang dihasilkan oleh mikro organisine yang hidup atau berada dalarn makanan tersebut. Jadi di sini yang men-datangkan penyakit bukan mikro organismenya, tetapi toxin yang dihasilkan oleh mikro organisme tersebut. Misalnya toxin yang dihasilkan oleh botulisme, staphylococcus dan clostridium

b.            Bahan makanan itu sendiri telah mengandung racun, yang karena tidak tahu, lalai, atau dalarn keadaan darurat, terpaksa dimakan. Contoh tumbuh-tumbuhan yang me-ngandung racun ialah kacang castor, ergotism, cendawan, rhubarb(sejenis bayarn), soianine (sejenis kentang). Contoh hewan ialah kerang-kerangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here