Home Tips Tips Mendeteksi Keberadaan Tikus di Rumah

Tips Mendeteksi Keberadaan Tikus di Rumah

15
0
Cara Mengetahui Keberadaan Tikus di Rumah Anda
Cara Mengetahui Keberadaan Tikus di Rumah Anda

IJntuk mengetahui ada atau tidaknya tikus di sekitar tempat tinggal, ada beberapa pegangan yang dapat dipakai, yakni:

Gnawing:

Yakni melihat bekas gigitan yang ditinggaikan tikus pada bahan-bahan yang biasanya dibuat dari kayu, seperti pada pintu, pada jendela atau pada kotak-kotak kayu di

Bekas gigitan tersebut terjadi karena tikus selalu rnengasah giginya agar tetap tajam. Jadi jika di sekitar tempat tinggai banyak ditemukan bekas gigitan tikus, ini merupakan salah satu petunjuk bahwa di sekitar tempat tanggai terciaoat tikus.

Burrows:

Tikus jenis muridae termasuk tunneling rodent, dan karena itu senang membuat terowongan atau lubang di pelbagai tempat seperti misalnya di dalam +anah, dt dekat tempat sampah, yang maksudnya untuk dipakai sebagai tempat bersembunyi atau bersarang,

3.            Droppings:

Yaitu dengan melihat kotoran tikus ymg biasanya diternukan pada daerah yang sering dilaluinya, yakni lekat sumber air dan dekat sumber bahan makanan. Kotoran tikus yang masih baru adalah lunak, mengkilap dan bias.anya berwarna gelap, sedangkan kotoran yang sudah lama kera.s dan jika direinuk berbentuk bubUk. Dengan adanya kotoran tikus tersebut, maka dapat dipastikan bahwa di sekftar tempat tinggal terdapat tikus.

4.            Runway:

Salah satu kebiasaan tikus ialah selalu menempuh jaian yang sama ketika ia keluar dari sarang untuk mencari makanan. Dengan demikian terbehtuklah jalan tikus, yang mudah di-kenali dari bentuknya yang khas.

Footprints and tail marks:

Jika tikus berjalan di tempat yang berabu, maka jejak kaki tikus dan ekornya dapat dikenali pada tempat yang berabu tersebut.

6.            Rub mark:

Tubuh tikus biasanya berlemak, sehingga jika tikus berjalan dan kebetulan bersentuhan dengan benda sekElilingnya, akan tertinggal bekas-bekas badan yang mudah dikenali.

7.            Tanda-tanda lain:

Tanda-tanda lain untuk mengetahui ada atau tidaknya tikus di sekitar tempat tinggal ialah bau yang ditimbulkannya, suara berisik yang ditimbulkannya atau sisa-sisa air seni tikus.

Ditemukannya bangkai tikus di sekitar tempat tinggal juga dapat dipakai sebagai pertanda adanya tikus.

Demikianlah setelah diyakini bahwa tikus memang ada di sekitar tempat tinggal, maka selanjutnya dilakukan pengawasan. Adapun macam-macam pengawasan terhadap tikus, yang dapat dilakukan pada saat ini ialah:

1.            Secara mekanik atau fisik:

Misalnya dengan memasang perangkap tikus, di daerah-daerah yang dicurigai adanya tikus, misalnya pada tempat tikus lewat, di depan sarang tikus, dan lain sebagainya. Umumnya di dalam perangkap tikus dipasang umpan, yakni sesuatu yang merangsang tikus untuk datang menghampiri.

2.            Secara kimia:

Zat kimia yang dipergunakan untuk pengawasan tikua, umumnya bersifat racun, seperti misalnya: arsenic trioxid, barium carbonat, zinc phosphat serta red squill, atau ada pula yang bersifat antikuagulan seperti misalnya warfarin dan pival; tikus yang memakannya dalarn waktu antara 4 hari akan mati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here